Beres-beres ; Ternyata Aku Penimbun yang Melankolis

Libur long weekend yang batal diisi dengan acara main bowling akhirnya diisi dengan kegiatan yang juga lumayan menguras tenaga, yaitu beres-beres kamar dan lemari buku.

Alasan utamanya sih sebenarnya karena ujung tempat tidurku udah penuh dengan barang hingga posisi tidur jadi rada melengkung. Kenapa ujung tempat tidurku penuh? karena ada tumpukan barang-barang yang ngga masuk lemari. Kenapa itu barang-barang ngga masuk lemari? karena lemariku udah ngga muat lagi dan dikamar ngga ada meja.

Jadilah ujung tempat tidur beralih fungsi dari tempat penumpukkan barang-barang yang (tadinya) niatnya hanya akan hinggap sementara disana. Tapi ternyata aku lupa (atau pura-pura lupa) dan selalu membenarkan alasan setiap kali masuk kamar : "udah capek kerja, capek di jalan, beres-beresnya pas libur aja". Padahal pas libur ada lagi alasan : "kalo libur itu dinikmati, badan kan juga perlu istirahat". Hehehe....ngga ada habisnya. mbulet.

Tapi kali ini niat sudah diteguhkan di hati. Jam 2 siang, setelah shalat dan makan, perjuangan dimulai. Peralatan perang lengkap disiapkan. Ada kemoceng (bulu ayam), kaos lama yang udah bolong-bolong buat lap, koran edisi minggu lalu buat ganti alas lemari dan tissue buat kalo bersin-bersin kena debu. Baiklah....kita mulai!

Tempat pertama yang aku bongkar adalah lemari buku. Lemari ini cuma sebagian kecil lemari yang ada di bawah lemari pajangan ibuku. Punya 2 daun pintu dan terdiri dari 2 susun. Kalo diinget-inget, aku udah pakai lemari ini dari jaman masih kelas 3 SD dulu. Lumayan awet juga ya itu lemari.

Tumpukkan pertama yang dibongkar berisi buku-buku kuliah di Psikologi. Waaahh...kalo yang ini ngga mungkin dibuang. Pertama, karena yang namanya buku itu pasti bermanfaat. Kalo pun ngga dipake sendiri, masih bisa dikasihkan ke orang lain yang butuh. Kedua, karena masih ada keinginan untuk kuliah lagi. Siapa tau buku-buku itu masih bisa dibutuhkan. Yah...paling ngga buat belajar persiapan ujian masuk profesi hehehe.....

Tumpukkan sebelahnya adalah kamus Indonesia-Jerman, kamus Jerman-Jerman dan buku pelajaran bahasa Jerman. Huhuhu...jadi inget waktu kuliah di Sastra Jerman sebelum akhirnya ubah haluan ke psikologi. Tapi kok kemampuan ku berbahasa Jerman ngga ada bekasnya sama sekali ya. Menguap begitu saja karena ngga dipake. Sama seperti buku-buku psikologi, buku-buku pelajaran bahasa Jerman ini ngga boleh dibuang. Siapa tau ada rejeki dan niat untuk kursus bahasa Jerman.

Oke, tumpukkan-tumpukkan itu masih normal. Wajar ada di dalam lemari buku. Tapi sebelahnya kok ada 2 kotak sepatu ya. Pas aku buka, tadaaaaaa....ternyata isinya barang-barang bersejarah kalo ngga boleh dibilang memorabilia. Ada 4 buah diary dari masa SMP sampai kuliah tingkat 2 di Sastra Jerman. Itu berarti curhatan sekitar 8 tahun hidupku. Yah...walaupun ngga setiap hari ngisi diary sih.

Ada apalagi? Ada kartu lebaran yang dikirim temen SMA ku. Lucu ya, setiap hari ketemu di sekolah, tapi pas lebaran kita saling kirim kartu lebaran. Jaman sekarang kayaknya udah ngga ada yang kirim kartu lebaran ya. Trus, ada koran pengumuman hasil UMPTN, surat-surat kiriman teman SD ku yang PDKT ke aku pas aku SMA (cieee...suit..suit).

Ada disket. Iya betul, disket. Mulai dari yang besar dan tipis yang bisa buat kipasan, sampai yang kotak kecil dengan warna-warna lembut. Ada juga kumpulan brosur, postcard, leaflet yang aku kumpulin dari pameran. Trus ada juga guntingan gambar boyband macam Boyzone, Westlife atau gambar aktor Christian Slater dan Leonardo Dicaprio. Dasar ABG.

Semua penemuan barang-barang itu bikin aku mikir 2 hal, kapan terakhir kali aku beresin lemari dan ngapain aku masih simpen semua barang-barang yang ngga ada kegunaannya. Paling hanya ada nilai sentimentilnya. Tapi kalo aku inget-inget lagi, aku emang orangnya rada sentimentil, melankolis dan menye-menye dari dulu. Salah satu yang aku inget adalah aku pernah simpen kertas roti bungkus brownies cuma karena brownies itu pemberian dari seorang cowok yang aku suka. Berapa lama aku simpen? Sampai kertas roti itu berjamur dan bau tengik!

Hahaha.....dasar penimbun yang melankolis

Komentar

  1. "surat-surat kiriman teman SD ku yang PDKT ke aku pas aku SMA (cieee...suit..suit)"

    kayaknya kalau di upload di sini menarik deh

    BalasHapus
  2. hihihihi untung punya ku sebagian sudah ku bakar :D

    BalasHapus
  3. waduh...jangan ah. jadi malu *blushing*

    BalasHapus
  4. waduh....jangan ah.
    jadi malu. *blushing*

    BalasHapus
  5. sama. sampah yang kemaren itu juga aku bakar. wong jumlahnya sampai 6 kantong plastik belanja yang besar.

    BalasHapus
  6. gue udah beres2, eh sekarang numpuk lagi. bertahan cuma seminggu.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer