1001 Pertemuan dengan Cicak

Kebanyakan wanita yang saya kenal takut reptil. Saya pun demikian. Geli, jijik, takut atau apapun istilahnya membuat kami -saya lebih tepatnya- sebisa mungkin menjauhi binatang melata itu. Bukannya tidak cinta dengan ciptaan Allah, tapi demi ketenangan orang banyak lebih baik kami mengagumi dari jauh.

Dari berbagai jenis reptil yang ada, saya paling takut sama cicak. Bukan berarti saya lebih berani menghadapi ular lho. Hanya saja frekuensi ketemu cicak kan jauh lebih tinggi daripada ketemu ular. Bagi saya, tubuh cicak yg berwarna pucat & kenyal itu menjijikkan.

Ketakutan saya pada cicak berawal dari sebuah kejadian saat saya berusia 6 atau 7 tahun. Waktu itu, sekitar jam 7 malam, saya sedang nonton tv. Karena sorenya hujan, maka malam itu banyak laron berterbangan. Sambil nonton tv, saya iseng menangkapi laron yg ada didekat saya. Tiba-tiba, pluk! Cicak jatuh ke leher saya dan masuk ke dalam baju. Kontan saya berteriak histeris. Nangis.

Mendengar saya menangis, ibu datang untuk menenangkan dan mengibas baju saya untuk mengeluarkan cicak. Satu cicak keluar, tapi saya masih sibuk berteriak "Ada lagi. Cicaknya masih ada". Ibu tidak percaya. Ia pikir saya cuma histeris dan berusaha menenangkan saya. Kesal karena tidak didengarkan, saya kibaskan baju. Benar, satu cicak keluar. Ternyata tadi ada 2 cicak yang jatuh ke leher saya.

Sejak kejadian itu, saya takut sama cicak. Belum sampai taraf phobia sih, walapun saya bisa histeris dan sesak napas kalau "dihinggapi" cicak. Sialnya, saya justru mengalami berbagai kejadian yg mempertemukan saya dengan cicak. Mungkin sama seperti kuda dan anjing yang konon bisa merasakan aura ketidaksukaan dari seseorang terhadap mereka. Saya curiga cicak bisa mengendus perasaan tidak suka saya sama kaumnya dan seolah-olah justru mendekati untuk mengubah pendapat saya akan mereka.

Saat pengajian di SMP, dari semua tas siswi yg terbuka saat itu cicak memilih masuk dalam tas saya. Saat SMA, dari semua sepatu yang ada di rak, cicak memilih masuk dalam sepatu saya. Saat kuliah, dari seluruh penghuni rumah yang buka lemari dapur, cicak memilih untuk lompat ke baju saat saya yang membuka pintu lemari. Masih banyak lagi kejadian di beragam tempat dan waktu.

Tapi dari semua peristiwa dengan cicak ada 1 kejadian yang nyaris mustahil terjadi. Saya rasa bahkan kemungkinan rumah tertimpa pesawat masih lebih besar dari ini.

Tahun 2007 sekitar jam 9 malam, saya pulang dari kantor. 20 meter menjelang sampai rumah, ojek yang saya tumpangi sedikit oleng. 

"Kenapa Bang?", tanya saya. 
"Kejatuhan binatang Neng", kata si Abang tukang ojek
"Oooo..", saya pikir mungkin belalang atau ngengat

Sampai depan rumah, saya turun dan bayar. Sambil memasukkan uang kembalian ke kantong, saya lihat si Abang tukang ojek masih sibuk mengibaskan jaketnya. Tiba-tiba :

"Aduh...duh..duh...Bang, binatangnya masuk ke dalam baju saya nih!", teriak saya. Saya bisa merasakan ada binatang seukuran jari tengah tangan di pinggang saya.
"Tolong keluarkan. Huaaaa....", saya mulai histeris.
"Tangkap saja Neng. Tangkap", kata si Abang tukang ojek.
"Duuuuh...si abang nggak membantu deh", pikir saya

Akhirnya, setelah beberapa kali lompat-lompat sambil berteriak heboh, keluarlah binatang yang masuk ke dalam baju saya. Ternyata binatang yang sudah kurang ajar itu adalah cicak! 

Coba bayangkan, berapa banyak motor yang melintas di jalan itu, tapi cicak jatuh dari lampu jalanan ke ojek yang saya tumpangi. Mungkin ini salah satu cara cicak mendekatkan diri dengan saya. Entahlah. Pastinya, saya lebih memilih agar kami saling mengagumi dari jauh saja.



*ditulis jam 2 dini hari saat tiduran di lantai karena mengungsi ke kamar adek setelah ada anak cicak jalan-jalan di kasur saya.

Komentar

  1. akhirnya ditulis juga.

    kenapa jadi geli sendiri ya ngebayangin kejadian yg lu alamin?

    BalasHapus
  2. emang geli. sampe sekarang aja masih kebayang. hiiiii...

    BalasHapus
  3. hihihihi adikku juga histerisan kalo liat cicak :))

    BalasHapus
  4. tuh kan....berarti aku gak sendiri.
    *seneng punya temen*

    BalasHapus
  5. aku tuh sampe pernah jengkel gara2 mau pingsan denger teriakannya, masa gara2 papasan sama cicak di pintu aja teriaknya kayak orang dirampok gitu huaaaaa aku paling sebel sama orang yang histerisan... jantung rasanya mau copot gitu gara2 ada yang histeris, makanya aku males tidur bareng adikku waktu itu hehe daripada jantungan

    BalasHapus
  6. Udah pernah nyoba sekali aja, ngecup itu cicak??
    Pasti bakal jadi pangeran yang rupawan tampangnya! haha
    Cinta tersembunyi pangeran cicak....
    :D

    BalasHapus
  7. hehehe...klo itu kayaknya lebih parah dari aku deh. klo cuma papasan sama cicak, aku sih gak sampe segitu hebohnya.

    berarti gak boleh deket teh ari ya klo lg histeris. ok. noted :D

    BalasHapus
  8. hiiiii...geli banget bayangin nyium cicak.
    aku cari rakyat biasa aja tapi wujud manusia daripada pangeran tapi cicak.
    syukur2 rakyat biasa yang punya wajah tampan kayak pangeran dan kekayaan setara anak raja :))

    BalasHapus
  9. hahaha masa sih bisa direncanain, itu kan spontan bukan kalo orang histeris :))
    aku sebelnya bikin jantung mau copot aja sih, kalo dah lewat ya udah paling jengkel aja sisanya hahahaha tapi btw orang2 yang histerisan itu bikin aku belajar mengendalikan diri loh, jadi aku bisa belajar supaya gak jadi orang histerisan, kalo dapet sesuatu yang bikin jantung jedar jeder aku lebih bisa mengendalikan diri jadinya, berpikir lebih rasional dan gak terlalu jauh negative thinkingnya... jadi thanks to orang2 histerisan juga sih aku jadi bisa belajar mengendalikan diri wkwkwkkkk

    BalasHapus
  10. maaf... ga bermaksud ngejek, tapi jujur.... sumpah gue ketawa ngakak sampe mules baca cerita terakhir... =))

    Gue terbiasa memvisualisasikan apa yg gw baca. Jd kebayang lo ama tukang ojeknya heboh gara2 cicak ajaib itu.

    BalasHapus
  11. Hayyo...hayyo..apa yang tervisualisasi di pikiranmu Bang??!

    BalasHapus
  12. sama! aku juga belajar mengendalikan diri dari orang2 yang histeris. cuma cicak yang bisa bikin aku lepas kendali :)

    BalasHapus
  13. dimaafkan.....wong lo orang ke 753 yang ketawa pas tau cerita itu *iya, itu hitungan lebay. aslinya cuma 749 orang yang ketawa*

    tapi alhamdulillah, semoga menjadi pahala karena udah bikin orang senang :)

    BalasHapus
  14. semoga bukan memvisualisasikan abang tukang ojeknya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer